•   Beranda
  •   Hubungi
    Kontak :
    UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
    JALAN AMAL LAMA NO 1
    TARAKAN - KALIMANTAN UTARA
    0811 530 7023 / (0551) 2052558
    ubt@borneo.ac.id
PKM-PENERAPAN MARKETING BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN OMSET USAHA PADA UMKM KOTA TARAKAN

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 'Penerapan Marketing Berbasis Online Dalam Meningkatkan Omset Usaha Pada Umkm Kota Tarakan' yang diselenggarakan oleh Bapak Dedy Harto, S.T., dan Ibu Sulistya Rini Pratiwi, S.E.,M.Sc. Pelatihan dan Pendampingan dilaksanakan selama 12 kali pertemuan, dimulai dari 1 Juni -30 Agustus 2018, bertempat di masing-masing UMKM mitra, yaitu di UKM Ar-Raihan di Amal Baru dan di UKM Bude Ram di Gunung Amal Kampung Enam, Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah peserta yang mengikuti di masing-masing mitra yaitu 2 orang. Kedua peserta ini sebagai perwakilan setiap mitra. Namun di beberapa kesempatan, peserta menjadi lebih banyak, disesuaikan dengan kondisi tenaga kerja mitra pada saat kegiatan. Pelatihan dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam per pertemuan. Adapun kegiatan pokok yang diberikan kepada Mitra UMKM adalah: 1) Pengadaan tools marketing berupa website dan akun social media, dan 2) Pelatihan dan pendampingan maintenance tools marketing. Dampak dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi bagi mitra dalam mengelola website dan Social Media Marketing, yaitu kemampuan mitra mengkomunikasikan produk dan merk produk sehingga memiliki daftar pelanggan tetap pada website yang berpotensi melakukan pembelian produk secara berkelanjutan.

Langkah awal sebelum mitra mempratekkan internet marketing, mitra diajak untuk memahami proses bisnis dari masing-masing kegiatan mitra. Kegiatan ini dilakukan pada saat sosialiasi dan pengumpulan data. Kegiatan ini dihadiri tim dan mitra, di lokasi masing-masing mitra. Penekanan kegiatan ini adalah mengetahui secara detail alur dari proses penjualan produk dimana penjual secara langsung ke konsumen. Di sini kita mencoba menciptakan konsumen langsung baru yang tidak secara langsung melakukan proses pembelian dengan datang ke toko, melainkan melalui proses secara abstrak/dunia maya. Cukup melihat dan memilih produk yang diinginkan melalui website atau sosial media. Pada website atau sosial media sudah terdapat katalog lengkap produk-produk yang dimiliki.

image   image

image   image

Kegiatan selanjutnya adalah dengan mengisi katalog pada website. Semua produk ditampilkan mulai dari keripik sampai brownies. Mitra juga juga diajarkan untuk mengedit harga, bagaimana mengakses website sebagai admin. Kegiatan pelatihan pada sosial media lebih mudah dilaksanakan, karena mitra telah mengenal media facebook, instagram dan whatsapp. Hanya lebih menekankan pada fitur-fitur yang memudahkan penjualan. Pada laman untuk konsumen juga didesain secara mudah dipahami. Mulai dari laman pendaftaran baru, data produk, lengkap dengan ukuran, stok, harga, variasi dan rasa produk. Kemudian ada laman keranjang belanja produk. Laman ini berisi informasi produk yang kita pilih. Setelah itu pada laman web diminta untuk menekan tombol 'lanjutkan' untuk menyimpan jumlah barang yang akan dibeli, atau melanjutkan transaksi selanjutnya. Pada tampilan konfirmasi, akan diminta keterangan kirim produk. Kemudian semua pembelanjaan yang telah dikonfirmasi akan direkapitulasi pada laman tampilan transaksi.

Setelah mengikuti pelatihan, mitra diminta responnya melalui evaluasi kegiatan. Kegiatan evaluasi dilaksanakan dengan pendampingan. Mitra diminta untuk mengelola website dan sosial media secara mandiri. Pada laman login admin, mitra mengisi atau mengedit segala sesuatu yang diperlukan. Di halaman ini ditampilkan data biaya kirim di seluruh provinsi Indonesia, data kategori olahan produk, data barang (termasuk kode, stok dan harga), data pelanggan yang pernah melakukan login/ pemesanan, data pemesanan barang, konfirmasi transfer pembayaran dan laporan per periode pemesanan.
Website pada mitra juga didesain terintegrasi dengan sosial media mitra, seperti facebook, whatsapp dan instagram. Untuk kedepannya akan diusahakan untuk teritegrasi dengan Disperindagkop, Dinas Pariwisata, dan jasa pengiriman. Berikut hasil pengamatan selama kegiatan pendampingan.
  • Peningkatan pemahaman mitra tentang internet marketing. Melalui observasi dan tanya jawab kepada mitra pada saat pelatihan dan pendampingan berlangsung, ditemukan beberapa hal, yaitu: Mitra terlihat belum terbiasa menggunakan laptop atau PC. Hal ini karena mitra selalu menggunakan smartphone untuk aplikasi sosial media; Mitra terlihat antusias mempelajari buku panduan dan mempraktekkan dalam pengelolaan website.
  • Kemudahan mitra dalam melakukan kegiatan perdagangan. Mitra merasa mendapatkan efisiensi waktu, sehingga bisa dimaksimalkan dengan memikirkan diversifikasi produk.


PKM-PENERAPAN MARKETING BERBASIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN OMSET USAHA PADA UMKM KOTA TARAKAN - UBT

Statistik Pengunjung

UBT WEB STATS - StatCounter

Ikuti Sosial Media UBT

LEMBAGA & UNIT

FAKULTAS

KONTAK

JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: ubt@borneo.ac.id

Copyright@universitas borneo All Rights Reserved