•   Beranda
  •   Hubungi
    Kontak :
    UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
    JALAN AMAL LAMA NO 1
    TARAKAN - KALIMANTAN UTARA
    0811 530 7023 / (0551) 2052558
    ubt@borneo.ac.id
FKIP UBT ADAKAN SEMINAR NASIONAL BULAN BAHASA DENGAN TEMA BUDAYA LITERASI MENUJU GENERASI EMAS DI WILAYAH 4P

Sabtu, 20 September 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Seminar Nasional Bulan Bahasa dengan tema Budaya Literasi Menuju Generasi Emas di Wilayah 4P (Pedalaman, Perbatasan, Pesisir, dan Perkotaan). Dalam Seminar ini narasumber yang dihadirkan diantaranya Prof. Dr. Joko Saryono, M.Pd dari Universitas Negeri Malang, Dr. Suyadi, S.S., M.Ed Dekan FKIP Universitas Borneo Tarakan dan Penggiat Literasi Kota Tarakan Ranti Jumiarni, M.Pd.

image

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Joko Saryono mengemukakan fenomena literasi sebagai episentrum kemajuan kebudayaan dan peradaban masyarakat dan bangsa-bangsa di dunia. Warisan literasi, dalam hal ini warisan bacaan atau tulisan mutatis mutandis pikiran dan gagasan atau informasi �'' masyarakat dan atau bangsa-bangsa tersebut dapat kita saksikan dan nikmati hingga kini. Pada zaman modern kemajuan berbagai lapangan kebudayaan dan peradaban di Eropa disangga oleh mantapnya literasi dan kuatnya tradisi membaca dan menulis, kemudian sekarang disangga oleh kelisanan sekunder. Prof. Dr. Joko juga memaparkan pentingnya penguasaan literasi bukan tahu aksara semata; pada hakikatnya literasi adalah kemampuan berpikir kritis-kreatif tentang sesuatu yang dilandasi/disangga oleh tradisi baca-tulis yang mantap. Dalam dunia pendidikan/pembelajaran pada umumnya, tradisi baca-tulis dapat berkembang pesat. Perkembangan ini terjadi karena kesukaan, kegemaran dan kebiasaan membaca dan menulis ditumbuhkembangkan secara nyata di dalam proses pendidikan/pembelajaran. Disamping itu, usaha-usaha tersebut juga mencakup berbagai lapangan kehidupan manusia, masyarakat, dan atau bangsa baik bidang ekonomi, sosial budaya, keilmuan maupun keagamaan sehingga dapat berkembang bermacam-macam literasi, misalnya literasi ekonomi, literasi finansial, literasi sosial, literasi akademik, dan literasi religious.
 
Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dr. Suyadi, S.S., M.Ed dalam dunia pendidikan khusunya di wilayah 4 P (Pedalaman, Perbatasan, Pesisir, dan Perkotaan) dan berdasarkan hasil Assesment Kompetensi Siswa Indonesia {AKSI} kemendikbud Tahun 2016, menunjukan 46,83% anak SD Kurang Mampu membaca, 47.11 cukup dan hanya 6.06 bisa membaca dengan baik. Permasalahan literasi kelas awal untuk in Service yaitu guru belum banyak yang memahami cara mengajar yang baik dalam untuk mengembangkan literasi kelas awal di Sekolah, tidak tersedianya buku Literasi, Media  dan sarana prasarana yang tidak memadai (membaca berjenjang), dukungan yang belum maksimal dari Pejabat berwenang dan orang tua terhadap pentingnya Literasi bagi anak didik, kurangnya kesadaran membangun budaya literasi, dan adanya Stigma bahwa guru senior mampu mengajar di kelas awal. Dalam mengatasi hal tersebut sehingga perlu adanya program Sekolah yang mengembalikan Budaya Literasi, yang didukung dinas pendidikan terkait, berupa kebijakan terkait literasi, tersedianya buku, media dan SDM untuk mengembangkan dan menggerakan gerakan literasi.

Sebagai penggiat literasi, Ranti Jumiarni, M.Pd juga memaparkan guru harus menjadi pioneer atau model dalam budaya multiliterasi, semangat multilateral oleh guru harus terus dipupuk dan ditumbuhkembangkan agar tidak mati suri dengan berbagai aktivitas dan kesibukan mengajar serta kegiatan lain di sekolah. Dipenghujung pemaparannya beliau berpendapat generasi literat abad 21 yang memiliki keterampilan multilerasi hanya akan terwujud jika guru menjadi literat dan menerapkan keterampilan multiliterasi dalam berperilaku, berbuat, dan berkarya. 

FKIP UBT ADAKAN SEMINAR NASIONAL BULAN BAHASA DENGAN TEMA BUDAYA LITERASI MENUJU GENERASI EMAS DI WILAYAH 4P - UBT

Statistik Pengunjung

UBT WEB STATS - StatCounter

Ikuti Sosial Media UBT

LEMBAGA & UNIT

FAKULTAS

KONTAK

JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: ubt@borneo.ac.id

Copyright@universitas borneo All Rights Reserved