•   Beranda
  •   Hubungi
    Kontak :
    UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
    JALAN AMAL LAMA NO 1
    TARAKAN - KALIMANTAN UTARA
    0811 530 7023 / (0551) 2052558
    ubt@borneo.ac.id
ERA DIGITAL MEMBUKA PELUANG USAHA, BERGERAK UNTUK EKOMONI GLOBAL

image


UBT- (25/03/19) Pada era digital sudah merambah keranah remaja, pada era industri 4.0 menjalar dengan sangat cepat. Teknologi yang tidak dapat dilepas dan dihindari  oleh masyarat. Segala sesuatu menjadi lebih mudah, dalam era digital tidak lepas pula dalam ranah ekonomi sehingga mempermudah para wirausaha untuk dapat menjual barang dan jasa. Masyarakat juga terbantu untuk mendapatkan barang dan jasa dengan mudah.  Banyak masyarakat dari berbagai kalangan dan umur mulai menggeluti dunia wirausaha. Semakin banyak pula barang yang sangat kreatif diciptakan oleh pelaku wirausaha.
wirausaha merupakan seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Memiliki jiwa wirausaha juga harus juga paham dan mengerti dengan kewirausahaan. Banyak sekali wirausaha yang gagal akibat ketidak pahaman dari kewirausahaan.
Kewirausahaan adalah kemampuan seorang manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kreativitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.
Dalam era industri 4.0  Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai pelaku sektor usaha diharapkan berperan dalam perekonomian nasional serta menciptakan lapangan pekerjaan, juga perlu terus didorong untuk memanfaatkan dalam perkembangan bisnisnya.
Dinas Perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan melaksanakan seminar dan pelatihan entrepreneur Pelatihan Kewiraushaan Berbasis E-Commerce Bagi Wirausaha Pemula (WUP) dengan tema Dengan E-Commerce, Kita Tingkatkan Eksistensi Produk Unggulan UMKM Menuju Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Utara Bersama BUKALAPAK yang di hadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, M.M dan Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ing Daud Nawir, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama Dr. M. Djaya Bakri, S.T., M.T., Dosen Fakultas Ekonomi, beserta jajaran Universitas Borneo Tarakan,  Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Drs. Hartono, M.Si Kepala Bidang Koperasi dan UKM Hj. Trianingsih Widiati, S.Hut., M.Ap beserta jajaran Dinas Perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara serta Narasumber Praktisi E-Commerce (Trainning for trainer) Buka Lapak Andri Syaikul Ichsan dan Wahyu Prihantono, dan peserta pelatihan yang di laksanakan di Gedung Rektorat Lantai IV Universitas Borneo Tarakan.
Perkembangan bisnis masa kini bergerak lebih cepat, sehingga membutuhkan komunikasi yang lebih luas dan lebih baik. Pendidikan vokasi akan terus dikembangkan. Hal itu disebabkan oleh konsep pendidikan vocational lebih mengedapankan skill. Agar dapat mencapai itu semua perlu di lahirkan Sumber Daya Manuasia yang berkualitas, terampil, memiliki disiplin tinggi dan berjiwa kewirausahaaan. 'Mahasiwa sebagai penggerak ekonomi bangsa harus memiliki kreatifitas yang tinggi sehingga dapat bersaing pada era ekonomi global, mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya.' kutip sambutan Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si. dalam kesempatan ini pula Gubernur Kalimantan Utara Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, M.M menyampaiakn 'Kunci kesuksesan seseorang tidaklah didapat secara instan gelar sarjana, Doktor, lulus dengan cepat tidak mudah diraih semua perlu proses dan usaha agar mencapai itu semua. Anak muda harus berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya' Dengan kegiatan pelatihan maka akan tumbuh wirausaha muda dalam kelangan akademisi yang akan melaksakan produk unggulan UMKM Kalimantan Utara yang dapat menggunakan media E-commerce yang telah bekerjasama dengan PT. BukaLapak.- (HumasUBT) -


ERA DIGITAL MEMBUKA PELUANG USAHA, BERGERAK UNTUK EKOMONI GLOBAL - UBT

Tentang UBT

Universitas Borneo Tarakan adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Ikuti Sosial Media kami



Statistik Pengunjung Web

UBT WEB STATISTIC

LEMBAGA & UNIT

FAKULTAS

KONTAK

JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: ubt@borneo.ac.id

Copyright@universitas borneo All Rights Reserved