•   Beranda
  •   Hubungi
    Kontak :
    UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
    JALAN AMAL LAMA NO 1
    TARAKAN - KALIMANTAN UTARA
    0811 530 7023 / (0551) 2052558
    ubt@borneo.ac.id
UBT JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN)

UBT Jalin Kerjasama dengan Universitas Pertahanan (UNHAN)

Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof. Dr. Adri Patton, MSi bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Dr. Ir. M. Djaya Bakri, MT, Dr-Ing.Ir. Daud Nawir, MT (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan) dan Armansyah, MSi (Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama), pada Jumat lalu (5/4) berkunjung ke kampus Universitas Pertahanan untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Pertahanan. Kegiatan ini sebagai upaya UBT untuk pengembangan institusi dengan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan yang bonafid, salahsatunya Universitas Pertahanan. Melalui kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian terhadap masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di UBT, yang berikutnya dapat berdampak pada kualitas output lulusan yang akan terserap di masyarakat.

Universitas Pertahanan atau disingkat dengan UNHAN, dalam bahasa inggeris menggunakan nama Indonesia Defence University, didirikan pada Maret 2009. Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S-2 (program magister) dan S-3 (program doktoral), merupakan lembaga pendidikan tinggi terbuka, dan memberi kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kampus UNHAN berada di satu kawasan IPSC (Indonesia Peace and Security Center) Sentul Bogor Jawa Barat. Selain kampus UNHAN, didalam Kawasan Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia (IPSC), terdapat juga enam institusi lainnya yakni Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Pusat Pasukan Siaga (Standby Force), Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pusat Olahraga Militer. Unhan yang mempunyai visi pada tahun 2024 menjadi universitas berstandar kelas dunia (World Class University) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Unhan saat ini telah terakreditasi Unggul (A) memiliki 4 Fakultas deangan menyelenggarakan Program Magister (S2) yaitu Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional, Fakultas Teknologi Pertahanan, dan satu Program Doktoral (S3) dalam bidang Ilmu Pertahanan.

Pada kesempatan kunjungan tersebut telah ditandatangani Nota Kesepakatan Bersama antara Universitas Pertahanan dengan UBT, masing-masing oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP dan Rektor UBT Prof. Adri Patton. Kerjasama ini dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang masing-masing pihak guna kelancaran kedua belah pihak. Turut hadir dari fihak Unhan yaitu Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Mayjend TNI Lasmono, MSi (Han), Laksda TNI Dr.Drs. Ir. Suyono Thamrin, M.Eng.Sc (Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu/LP3M), Marsekal Pertama TNI Dony Rizal Lubis, SIP (Kepala Biro Umum), Kabag Kerjasama Kolonel Kal Anton Iman Santosa, M.Si (Han), Sri Murtiana, S.Sos, MM (Kabag Humas & TU Biro Umum) dan jajaran lainnya.
Sebelum pelaksanaan penandatangan, Rektor Unhan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Rektor UBT beserta rombongan ke Kampus Unhan, melalui kegiatan ini diharapkan, disamping pelaksanaan kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya terkait dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, juga dapat diwujudkan pembinaan kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air, UBT nantinya dapat menjadi mitra Unhan dalam hal pengembangan ilmu pertahanan dan Bela Negara terlebih Unhan sebagai Kampus Bela Negara. Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhan juga mengundang putra-putri terbaik bangsa yang berasal dari Provinsi Kalimantan Utara untuk dapat melanjutkan studi magisternya di Unhan dengan beasiswa penuh dari Unhan.
Rektor UBT menyampaikan,  Universitas Borneo Tarakan (UBT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang berkedudukan di kota Tarakan yang merupakan kota hub di Provinsi Kalimantan Utara, dan merupakan salah satu beranda NKRI, serta terletak pada wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia-Sabah. Sejalan dengan visi UBT sebagai pusat penyelenggaran pendidikan tinggi berbasis riset dalam menunjang pembangunan dan pengembangan potensi kawasan perbatasan dan sumber daya laut tropis yang berkelanjautan, serta secara geo-politik dan geo-ekonomi UBT memiliki peranan penting, sehingga kerjasama dengan Unhan juga dinilai sangat penting untuk mengembangkan kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air, sekaligus menjaga kedaulatan NKRI. Kerjasama dengan Unhan juga untuk mengembangkan penelitian pada wilayah perbatasan dari berbagai aspek. Pada bagian lain, Rektor UBT juga menyampaikan antusiasme untuk mempersiapkan alumni terbaik UBT untuk bisa melanjutkan studi magister di Unhan, yang tentunya alumni tersebut harus memenuhi kualifikasi Unhan seperti menguasai standar minimum bahasa Inggris.

Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut, Rektor UBT beserta rombongan berkesempatan menggalungkan cindermata maik-manik khas suku dayak Kalimantan Utara kepada Rektor Unhan dan pejabat Unhan lainnya, yang dilanjutkan dengan pemberian plakat dari masing-masing perguruan tinggi dan photo bersama di teras depan Gedung Rektorat Universitas Pertahanan.

UBT JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS PERTAHANAN (UNHAN) - UBT

Tentang UBT

Universitas Borneo Tarakan adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Ikuti Sosial Media kami



Statistik Pengunjung Web

UBT WEB STATISTIC

LEMBAGA & UNIT

FAKULTAS

KONTAK

JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: ubt@borneo.ac.id

Copyright@universitas borneo All Rights Reserved