•   Beranda
  •   Hubungi
    Kontak :
    UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
    JALAN AMAL LAMA NO 1
    TARAKAN - KALIMANTAN UTARA
    0811 530 7023 / (0551) 2052558
    ubt@borneo.ac.id
BIMBINGAN KARIR PRAWISUDA XXII 2019 PACU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DIERA INDUSTRI 4.0

image
InfoHumasUBT - Dr. Didin Wahidin, M.Pd disambut langsung oleh Rektor dan Wakil Rektor Universitas Borneo Tarakan

UBT (23/07) - Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Dr. Didin Wahidi, M.Pd mendorong mahasiswa untuk menumbuhkan semangat di era industri 4.0 dan berkontribusi dalam perekonomian Indonesia.


image
InfoHUmasUBT - Foto Bersama dalam kesempatan bimbingan Karir Prawisuda XXII Universitas Borneo Tarakan


'Kita harus menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi generasi muda dan mendorong mereka mempelajari konsep kewirausahaan yang relevan di era industri 4.0. Kita harus mempersiapkan diri, baik dari segi mental, pengetahuan, keterampilan, dan teknologi agar ketika kesempatan itu datang, kita sudah siap,' ujar Dr. Didin Wahidi, M.Pd , dalam Bimbingan Karir Prawisuda XXII Universitas Borneo Tarakan, yang dibuka oleh Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si, sebagaimana disalin dari wawancara Humas UBT.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama Dr. M. Djaya Bakri, S.T., M.T  mengungkap fakta menarik yang terjadi di era Indsutri dunia tahun 2019, di negara-negara maju rata-rata diatas 14 persen dari total penduduk usia kerja adalah wirausahawan, sedangkan di Indonesia hanya mencapai 3,1 persen. 'Ini yang perlu terus didorong untuk terus menumbuhkan minat kewirausahan bagi para generasi muda khusunya para fresh graduate,' kata Dr. M. Djaya Bakri  dalam keterangannya.

image
InfohumasUBT - Dr. Didin Wahidin, M.Pd menyampaikan pemaparan materi dengan moderator Dr. M. Djaya Bakri, S.T., M.T


Dalam paparannya, Dr. Didin Wahidi, M.Pd menyampaikan konsep kewirausahaan yang relevan di era industri 4.0, yaitu kewirausahaan harus membuka dan menumbuh kembangkan jiwa kreativitas. Kewirausahaan berkontribusi besar dalam peningkatan ekspor yaitu dengan meningkatkan kualitas produk sehingga berdaya saing dan bernilai tambah. Selain itu, juga dengan menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat dunia dan kemampuan untuk memasarkan produk-produk tersebut.

'Kuncinya adalah menciptakan kebutuhan pasar, selalu belajar, dan meningkatkan produktifitas. Untuk itu, proses belajar di lembaga pendidikan dan universitas harus berpusat pada mahasiswa. Di samping itu, proses belajar juga harus mengajak mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif,' pangkas Dr. Didin Wahidi, M.Pd.

Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si menuturkan bahwa dosen-dosen UBT banyak yang aktif membimbing dan mendorong anak didiknya mencapai potensi terbaik mereka.

'Yang paling penting, proses belajar tersebut harus menginspirasi mahasiswa untuk aktif berkolaborasi dan bekerja sama. Kesempatan mengenyam pendidikan tinggi yang hanya didapatkan oleh dua persen penduduk Indonesia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi diri, keluarga, dan bangsa,' kata Prof. Dr. Adri Patton, M.Si 



BIMBINGAN KARIR PRAWISUDA XXII 2019 PACU KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DIERA INDUSTRI 4.0 - UBT

Tentang UBT

Universitas Borneo Tarakan adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Ikuti Sosial Media kami



Statistik Pengunjung Web


Lihat Statistik Lengkap

LEMBAGA & UNIT

FAKULTAS

KONTAK

JALAN AMAL LAMA NO 1, TARAKAN KALIMANTAN UTARA, Telp / Fax: 0811 530 7023 / (0551) 2052558, email: ubt@borneo.ac.id

Copyright@universitas borneo All Rights Reserved